Bersyukurlah

Teringat akan satu ayat yang selalu diulang di dalam Surah Ar-Rahman. ” Fabiayyi aalaa irobbikuma tukadzdziban” “Maka nikmat Tuhan kamu yang mana lagi yang kamu dustakan”  Oh,sungguh ketika mengulang-ulang bacaan ini, menangislah hati ini, mengingat begitu banyaknya nikmat yang telah diberikan Allah pada diri ini, namun sangat sedikit sekali hati dan lisan ini bersyukur padanya.

Yang selalu terlintas adalah meminta lebih dan lebih lagi tanpa merasa puas dan bersyukur atas segala rezeki yang diberikanNya secara gratis hingga saat ini. Apalah lagi yang tidak kau puas dalam hidup ini wahai anak manusia? Beruntunglah masih diberikan hidup sehat hingga saat ini.

Saya sangat tertegun ketika membaca tulisan Nabila Nurjanida tentang hari-harinya melawan penyakit Motor Neuron Diseases yang merupakan penyakit langka dan hingga kini belum ditemukan obat penawarnya. Namun ketegaran dirinya dalam menjalani hari-harinya membuat diri ini malu. Betapa jauhnya saya dari rasa syukur.

Ketika seorang Nabila bisa tegar dan masih memanjatkan syukur, maka apalagi yang harus ditunda diri ini untuk juga mengucap syukur atas segala nikmatNya?

Bersyukur tidak hanya bermanifestasi dalam berucap Alhamdulillah semata, namun memaksimalkan segala potensi yang telah diberikan untuk menjadikan diri kita sebagai manusia yang paling bermanfaat.  Bukankah Rasulullah pernah bersabda

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس »

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni) (lihat disini)

Maka, mulai saat ini bergeraklah! Menebar kebaikan dan kebermanfaatan sebesar-besarnya.  Hal ini paling mudah adalah dengan dimulai dari diri sendiri, mulai saat ini dan mulai dari hal yang kecil (ehh,,jadi 3M nya Aa Gym)

“when you wake up, say “Alhamdulillah, thanks Allah for the life You’ve been given to me” and make a promise to do your best this day. ”

Pasti bisa \(^o^)/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: